Jumat, 26 Desember 2014

Tips Menghadapi AFTA

Apa itu AFTA? AFTA adalah kependekan dari Asean Free Trade Area, kesepakatan ini yang sudah dilakukan oleh negara-negara Asean yang akan diberlakukan pada tahun 2015 mendatang. Tujuan dari AFTA adalah untuk membentuk kawasan bebas perdagangan.

Pada tahun 1992 AFTA diproklamirkan yang sudah disetujui oleh orang no 1 negara Asean, setelah adanya ASEAN Summit ke 4, jangka waktu dibutuhkan untuk proses AFTA selama kurun waktu 15 tahun mendatang. Sebenarnyaa kesepakatan ini sudah dirumuskan semenjak tahun 2007, tetapi dengan adanya pertimbangan-pertimbangan akan berlaku pada tahun 2015. Meski diprediksi Indonesia belum siap menghadapi proses ini, namun jangan khawatir dengan adanya AFTA bahwa Indonesia juga akan mendapatkan keuntungan. adapun keuntungan yang akan diraih adalah: 

1. Para pencari kerja akan lebih mudah mendapatkan kerja ke negara Asean, namun mudah disini bukan berarti asal tamat dan tidak memiliki skil. Tentunya disini meski kita menjadi TKI harus tenaga profesional. 

2. Memasarkan Sektor Pariwisata
    Dengan adanya AFTA sektor pariwisata sangat mudah untuk dipasarkan, karena akan banyak lalu lalang orang yang akan berkunjung ke negara kita. dengan demikian saatnya Pariwisata Indonesia bangkit untuk kejayaan Indonesia.

3. Penguasaan Bahasa Inggris

    Tidak dinafikan lagi posisi bahasa Inggris masih menduduki papan atas, semua proses disegala sektor jika tidak memiliki skil komunikasi yang baik, maka akan ada kendala, dengan demikian generasi masyarakat ekonomi Asean harus menguasai bahasa-bahasa internasional.

Namun sebaliknya jika tidak mempersiapkan dengan cermat, maka petaka yang akan kita peroleh dari proses ini. Perlu kita ketahui bahwa negara-negara tetangga kita sudah sedimikian rupa mempersiapkan persaingan pasar bebas dengan matang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar